Minggu, 24 Juni 2012

Gedung Pencakar Langit: Antara Kebutuhan dan Prestise


Description : Pencakar langit adalah istilah untuk sebuah bangunan yang sangat tinggi. Sebuah konvensi Amerika Serikat dan Eropa menggambarkan batas minim...

Pencakar langit adalah istilah untuk sebuah bangunan yang sangat tinggi. Sebuah konvensi Amerika Serikat dan Eropa menggambarkan batas minimum ketinggian bangunan yang dapat disebut pencakar langit yaitu 150 meter (500 kaki). Pencakar langit yang melebihi dari 300 meter disebut supertall. Beberapa bangunan yang lebih pendek kadang-kadang disebut pula sebagai pencakar langit jika bangunan itu mendominasi daerah sekitarnya.

Kata pencakar langit terakhir kali digunakan pada akhir abad 19, mewakili kekaguman masyarakat pada gedung-gedung tinggi yang di bangun dikota New York. Saat ini hongkong menempati pertama didunia sebagai kota yang paling banyak memiliki pencakar langit. Hongkong memiliki lebih dari 7500 pencakar langit. Sementara gedung pencakar langit tertinggi didunia saat ini adalah Burj Khalifa dengan tinggi 828 meter yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab.

Alain Robert, si Spiderman

Alain Robert adalah pemanjat tebing yang berasal dari Prancis. Ia memiliki hobi unik, memanjat gedung pencakar langit. Robert tak ubahnya seperti sosok tokoh komik spiderman. Aksi robert selalu mengundang decak kagum yang menyaksikannya. Namun ia selalu berurusan dengan polisi setelah menyelesaikan "pekerjaan"nya. Pada tahun 2008, Robert memanjat gedung The City Tower, Jakarta.

Menara Burj Khalifa: Menumbangkan Banyak Rekor

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipe 101 sebagai bangunan tertinggi dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 september 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi didunia dan pada tanggal 7 april 2008 struktur tertinggi didunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat manusia, Menara Radio Warsawa 645,4m (2120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

World Trade Center

World Trade Center atau WTC, terletak di New York, Amerika Serikat. Gedung ini pernah menjadi gedung kembar tertinggi di dunia pada tahun 1972-1973, namun hancur total pada tahun 2001 akibat serangan teroris. Sebelumnya, gedung ini kerap mengalami musibah, seperti kebakaran ditahun 1975 dan serangan bom pada tahun 1993. Kini World Trade Center baru telah dibangun kembali yang terdiri dari 5 tower, sebuah museum, stasiun, pertokoan, dan gedung teater.

Taipe 101: Tidak Sekedar Tinggi

Taipe 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia, setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emarat Arab.

Source: srsideproject.blogspot.com

Dalam banyak aspek, gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat. Gedung ini memiliki keunggulan yakni fiber optic dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton di pasang dilantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul akibat gempa bumi, angin topan, maupun gaya geser angin.

Gedung menara ini dibuka pada tanggal 31 Desember 2004, ditengah perayaan tahun baru yang semarak, lengkap dengan pertunjukan langsung dan kembang api. Presiden Chen Shui-bian, walikota Taipei Ma Ying-jeou dan ketua Legislatif Yuan, Wang Jin-pyng hadir dalam acara peresmian tersebut.

Taipei 101 Tuned Mass Damper

Untuk mengatur kestabilan bangunan, Taipei 101 memiliki pendulum raksasa seberat 660 metrik ton yang merupakan pengatur massa (tuned mass damper) terbesar menggantung dari lantai 92 hingga lantai 88. Gedung ini secara khusus dirancang tahan angin topan dan gempa. Terbukti saat diguncang gempa berkekuatan 6,8 skala richter di tahun 2002, tidak ada kerusakan struktur pada bangunan.

Pencakar Langit sebagai simbol Negara

Gedung pencakar langit didirikan bukan hanya karena masalah kebutuhan atau gengsi semata. Skyscraper juga bisa menjadi simbol (landmark) suatu negara. Sebuah Negara yang ingin dikenal tentu memerlukan pertanda atau pengingat dibenak banyak orang, terutama wisatawan. Sebagai contoh, Malaysia, kini identik dengan Menara Petronas.

Shanghai World Financial Center: Tidak hanya Angin, Krisis Ekonomipun Menerpa

Shanghai World Financial Center atau disingkat SWFC, merupakan bangunan tertinggi di Pudong, Shanghai, China. Bangunan ini menjadi bangunan tertinggi di china sejak tahun 2007, atau setelah mengalahkan ketinggian dari Jin Mao Tower yang juga terdapat dikota tersebut. SWFC mulai beroperasi sejak 28 Agustus 2008.

SWFC adalah bangunan yang memiliki berbagai fungsi. Selain perkantoran, disana juga terdapat hotel, ruang pertemuan, dan juga pusat perbelanjaan. Park Hyatt Shanghai merupakan hotel yang menjadi bagian dari bangunan ini, terdiri dari 174 kamar.

SWFC dirancang sejak tahun 1997, oleh Kohn Federsen Fox. Namun, pembangunannya sempat terganggu akibat krisis ekonomi yang menimpa dinegara-negara Asia tahun 1997. Krisis ini memaksa pengembang mengubah bentuk desainnya. Namun kini, setelah resmi berdiri, SWFC sempat dinobatkan sebagai Pencakar Langit terbaik versi The Council Tall Buildings and Urban Habitat, tahun 2008.

The Council Tall Buildings and Urban Habitat

The Council Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) atau Dewan Bangunan Tertinggi dan Habitat Urban, adalah sebuah badan internasional di bidang bangunan dan desain perkotaan. Badan ini berdiri di Chicago, Illinois, AS. CTBUH merupakan otoritas tertinggi yang mengesahkan dan mengumumkan gedung-gedung tertinggi didunia dan membuat laporan perencanaan desain dan konstruksinya.

Jin Mao Tower

Selain SWFC, negri china juga pamer kebolehan dalam mencakar langit dengan hadirnya Jin Mao Tower juga terletak di Pudong, Shanghai. Bangunan ini diarsiteki oleh Skidmore, Owings & Merrill. Pertama kali dibangun tahun 1993, dan selesai pada tahun 1998. Setahun kemudian gedung ini mulai dioperasikan.

Menara Kembar Petronas

Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara ini sempat menjadi bangunan tertinggi didunia sebelum diambil alih oleh menara Taipei 101 pada 17 Oktober 2003 dan kemudian Burj Khalifa. Meskipun demikian, sebagai menara kembar, Petronas tetap yang tertinggi di dunia.

Petronas dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain interior yang merefleksikan budaya islam yang merupakan agama mayoritas di Malaysia.

Menara Petronas berdiri setinggi 542 meter atau 1483 kaki dihitung sampai paling atas. Bentuk lantainya berupa dua buah persegi yang bepotongan membentuk bintang berujung delapan dan pada tiap titik perpotongannya ditambahkan sepotong lingkaran.

Srsideproject.blogspot.com
Skybridge Petronas

Diantara kedua menara Petronas, dibangun sebuah jembatan (Skybridge atau Jejantas Udara) yang menghubungkan kedua menara pada lantai 41 dan 42. Jembatan ini menjadi tujuan bagi turis yang datang ke menara Petronas dengan jumlah tiket yang terbatas (1200 buah). Selain itu jembatan ini juga digunakan untuk evakuasi apabila terjadi keadaan darurat di sebuah menara sehingga penghuninya bisa pindah ke menara yang aman.

Pusat Perbelanjaan

Dibawah bangunan Menara Petronas, terdapat Suria KLCC yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan tersibuk di malaysia, setinggi 5 lantai. Terdapat pula taman KLCC yang menyediakan trek jogging, kolam bermain, dan tempat bermain untuk anak-anak, yang menunjukan kolam dengan air mancur simfonik.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak berhubungan, akan saya hapus..
Thanks