Selasa, 10 Juli 2012

Cara lelang domain di godaddy


Description : Cara lelang domain di godaddy sebetulnya cukup mudah, hanya diperlukan sebuah account godaddy kemudian membayar membership auction godaddy s...

Cara lelang domain di godaddy sebetulnya cukup mudah, hanya diperlukan sebuah account godaddy kemudian membayar membership auction godaddy sebesar $5 setahun. Setelah mendaftar membership auction, kita bisa langsung melisting domain yang akan kita jual.

Cara listing domain di godaddy ada 3 macam:

1. Sistem lelang atau bid 7 hari. Dengan cara ini domain akan masuk lelang godaddy selama 7 hari. Bisa juga menggunakan harga reserve. Yaitu harga minimal dari penjual untuk sebuah domain, jika ada yang melakukan penawaran (bid) masih dibawah harga reserve maka domain tidak jadi terjual dan masuk ke account godaddy seller kembali.

2. Sistem lelang (auction) 90 hari. Hampir sama dengan sistem pertama, hanya waktunya yang lebih panjang.

3. Sistem Buy Now, tau sistem beli sekarang. Dengan sistem ini domain akan masuk market godaddy selama 90 hari. Harga yang ditentukanpun hanya pada awal kita menjual, jadi tidak ada saling tawar antara seorang buyer dan buyer lain. Saat seorang buyer "Buy Now" maka otomatis domain tersebut terjual kepada buyer tersebut.

Langkah-langkah melisting domain di godaddy:
Setelah mendaftar membership auction godaddy, masuk ke menu auction.
Pilih list domain. Kemudian masukan domain yang akan anda lelang atau jual. Disitu ada pilihan sistem yang akan dipakai. Secara garis besar adalah tiga sistem tersebut diatas yang telah saya jelaskan.

Untuk pertama kali listing akan diarahkan ke pembuatan profile pembayaran, disitu kita disuruh memasukan "nick name" untuk profile. Isikan saja sesuai nama paypal anda.

Setelah itu bisa kita submit.

Tunggu email konfirmasi dari godaddy bahwa kita telah melelang/menjual suatu domain. Jika dalam 10 menit tidak keluar email konfirmasi, biasanya listingnya gagal. Hal itu kemungkinan disebabkan saat kita mengisi form listing ternyata kita sudah dalam posisi logout dari account membership auction, walaupun belum logout dari account godaddy. Bisa di karenakan karena akses internet kita yang buruk atau kita terlalu lama login di akun auction, sehingga sistem otomatis logout.

Jika sudah berhasil listing kita bisa di lihat di halaman sell domain list.

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara lelang domain di godaddy:

+ Apakah ada biaya untuk lelang domain?
- Tidak diperlukan biaya untuk lelang domain, cukup dengan mendaftar membership di auction godaddy.

+ Bagaimana cara agar domain yang kita jual berada di posisi atas market godaddy?
- Kita bisa bayar tambahan untuk biaya feature domain. Bisa feature hanya di salah satu kategori, atau dihalaman paling depan. (Rincian biaya tambahan, bisa lihat di godaddy langsung).

+ Apakah kita bisa menjual domain dengan konten?
- Kita bisa menjual sebuah website jadi, dengan seluruh isi konten. Tambahkan saja di bagian keterangan saat akan listing domain.

+ Berapa lama pembayaran dari godaddy jika domain saya terjual?
- Pembayaran lelang domain di godaddy biasanya antara 8-30 hari.

+ Bagaimana proses selanjutnya setelah mengetahui bahwa domain terjual?
- Domain yang terjual akan mendapat konfirmasi via email "Your domain mondosworld.com has sold". Setelah mendapat konfirmasi tersebut, tunggu godaddy memverifikasi dana dari buyer. Setelah itu akan datang email ke dua yang isinya memberi hak godaddy untuk push domain milik anda ke buyer. Dalam beberapa kasus kadang berbeda-beda, kadang seller dapet bayaran dulu baru domain dipush, kadang pula domain di push dulu baru dapet bayaran.

+ Apa perlu saya push manual domain yang terjual?
- Jangan dipush manual domain yang terjual. Diamkan saja sampai godaddy yang mempush domain anda ke buyer secara otomatis.

+ Domain saya tidak bisa dilisting karena pemilik sebelumnya telah melistingnya?
- Secepatnya kontak godaddy melalui aaccount auction. Biasanya kurang dari 2 hari masalah ini sudah selesai.

+ Berapa fee dari domain yang terjual di lelang godaddy?
- Fee buat godaddy adalah 10% dengan minimum sebesar $5.

Saya rasa itu dasar-dasar cara listing domain di godaddy auction, jika ada yang ingin bertanya atau berdiskusi mengenai godaddy, silahkan add YM saya yang ada di sidebar blog ini. Atau bisa langsung komen disini.

Mudah-mudahan posting saya kali ini membantu anda yang akan menjual domain. Pada posting selanjutnya akan saya jelaskan cara menentukan harga sebuah domain yang akan dilelang dan parameter-parameter dalam menilai sebuah domain.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak berhubungan, akan saya hapus..
Thanks